20.7.10

Ulasan/pendapat tentang Sistem Informasi Nasional

Sistem Informasi adalah suatu kesatuan tatanan yang melibatkan organisasi, manajemen, teknologi, dan sumber daya manusia, dan merupakan wahana yang mampu mengolah, menyediakan dan menyampaikan informasi secara cepat, tepat, lengkap dan akurat kepada pencari informasi dalam arti yang luas.

Sedangkan definisi Sistem Informasi Nasional itu sendiri adalah sebagai upaya “Pengelolaan Sistem Informasi di seluruh tingkat Pemerintahan dalam rangka penyelenggaraan Pelayanan yang efektif dan efisien kepada Masyarakat” dimana pengelolaan dalam arti kata dimaksud memiliki batas-batas tertentu yang menggambarkan suatu mekanisme jaringan integrasi sistem dari semua bidang pemerintahan. Keterpaduan sistem akan mengarah kepada suatu struktur data yang bersifat universal dan dapat dimanfaatkan secara kolektif oleh seluruh bidang yang terkait sehingga akan menjamin validitas informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi tersebut.

Menurut Saya, pengelolaan dan perkembangan Sistem Informasi Nasional di Indonesia belum berjalan dengan maksimal dan masih sangat ketinggalan dengan negara-negara maju yang ada di dunia. Mungkin hal ini terjadi karena masih rendahnya kualitas sumber daya manusia yang ada dan masih minimnya fasilitas yang mendukung. Oleh karena itu, seharusnya Pemerintah bisa lebih menyikapi dengan baik dan bijaksana. Penyediaan infrastruktur juga mempengaruhi.

Infrastruktur yang dimaksud di sini adalah landasan teknis sistem informasi menyangkut jaringan komunikasi data di antara sistem informasi secara terintegrasi dan tidak hanya berupa fisik jaringan seperti kabel, switch, router dan berbagai bentuk fisik lainnya, tetapi juga menyangkut masalah topologi, domain, security, aksesibilitas dan lainnya yang berkaitan erat dengan jaringan komunikasi data. Dalam konsep Sistem Informasi Nasional, infrastuktur tidak hanya menyangkut jaringan komunikasi data, tetapi juga menyangkut konten dan aplikasi serta infrastruktur non teknis menyangkut kepemimpinan, regulasi, dan sumber daya manusia.

Yaahh mudah-mudahan saja dengan seiring berjalannya waktu, Sistem Informasi Nasional di Indonesia dapat berjalan dan berkembang dengan sangat baik, sehingga tidak akan kalah lagi dengan negara-negara maju yang ada di dunia..Amiinn


Referensi:

kambing.ui.ac.id

depkumham.go.id

5 comments:

Popcorn Media said...

eh polow bek dong

eirene nadeak said...

hmm, iya keum. masih belum maksimal, dan sepertinya pemerintah engga serius dalam menanggapi ketertinggalan negerinya, apalagi dalam hal sumber daya manusia.. moso dana untuk pendidikan malah dikurangin, yang ga penting2 malah didahuluin,ckckk. trus pendidikan juga makin mahal sekarang, gimana mau majuu coba, GRR! :D

Cloudy Tuesday said...

@Popcorn Media:
ok2

@eirene nadeak:
bner bgt tuh, ren.. pemerintah tuh terlalu mementingkan hal yg sbnernya gak penting.. mreka gak bisa melihat yg jelas2 terlihat d depan mata..

MyBlog said...

kalo menurut gw, Sistem Informasi Nasional ini untuk 5 tahun kedepan aja masih sulit untuk dilakukan, alasannya :

1. Masih banyak oknum2 pemerintahan yang dapet "uang abu2", nah kalo mau pake sistem informasi, oknum2 ini bakal banyak yang teriak2 karena ga dapet uang lagi. Dan pastinya mereka ga akan setuju.

2. Selain infrastruktur dan SDM pemerintahan ada hal yang harus kita cermati, sistem informasi nasional ini mungkin perlu untuk dibeberapa daerah, tapi apakah orang2 yang berada di daerah manokwari, fak-fak, gunung kidul dan wilayah pelosok lainnya perlu?
Daripada proyek ini malah jadi ladang korupsi (coba cari2 artikel mengenai cost yang harus dikeluarkan KPU untuk beli infrastruktur IT saat pemilu presiden dulu,..), mending uangnya buat pembangunan daerah2 tertinggal.

Intinya, sebenernya sistem informasi nasional ini bagus, tapi Sebelum melakukan pembangunan sistem ini, perbaiki dulu flow prosesnya dan SOP.
Selanjutnya pembangungannya harus tepat sasaran, budgeting yang transparan, management project yang bagus dan Tepat guna untuk masyarakat (jangan sampe udah dibuat dan disosialisasikan eh ujung2nya ga dipake..).

Jangan nanti cuma berujung, jadi bahan korupsi dan lagi2, rakyak selalu ga dapet apa2...:p

Cloudy Tuesday said...

@MyBlog:
wah iya bner dan setuju bgt tuh sama komennya..
emg dr yg udah2 sih rakyat emg gak dapet apa2.. dapet janji doang.. :p