19.7.10

Istilah Populer Dalam Dunia IT

Ada banyak sekali istilah populer dalam dunia IT, beberapa di antaranya adalah

  • Internet

Saat ini siapa yang tidak mengenal internet? Hampir semua orang di penjuru dunia telah mengenal istilah internet. Mulai dari golongan remaja hingga orang tua telah menggunakan internet, bahkan tidak sedikit anak di bawah umur yang telah mengenal dan menggunakan internet. Tapi sebenarnya apa sih internet itu?

Internet atau interconnected-networking adalah suatu rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

  • IM

IM atau Instant Messaging adalah sebuah teknologi Internet yang mengizinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan (real time) menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan yang sama. Konsep yang digunakan oleh teknologi ini muncul pada awal-awal pengembangan system operasi UNIX dan jaringan Internet; para pengguna yang sudah masuk log dapat mengirimkan perintah berupa talk, write, dan finger untuk melihat siapa saja yang sudah masuk log dan akhirnya mengirimkan pesan singkat kepada mereka.

Istilah pesan instan (instant messaging) saat ini pada umumnya mengacu kepada sebuah teknologi yang dipopulerkan oleh America Online (AOL) yang kemudian diikuti oleh Yahoo! (Yahoo! Messenger) Google, Microsoft (Windows Live Messenger) dan perusahaan-perusahaan lainnya.

Dewasa ini, perkembangan IM telah mengalami kemajuan yang amat pesat. Penggunaan IM yang awalnya hanya dapat diakses oleh para penggunanya melalui komputer, sekarang ini telah dapat diakses melalui telepon genggam. Dengan kemampuan yang dimiliki telepon genggam untuk mengakses internet, maka para pengguna IM dapat mengakses dunia maya kapan saja dan dimana saja.

Di Indonesia sendiri, pengguna IM cukup banyak. Umumnya mayoritas pengguna berasal dari kaum pelajar dan mahasiswa. Menjamurnya piranti lunak seperti mig33, ebuddy dan lain-lain memungkinkan telepon genggam untuk ber’IM’ ria, membuat para penggemar IM semakin dimanja. Selain itu ada juga layanan SMS premium seperti chat n’ date, yang iklannya cukup sering beredar di televisi. IM pada chat n’ date berbeda dengan IM lainnya, karena ia berbasis teknologi SMS. Tidak seperti IM lain, yang berbasis koneksi internet.

  • Jejaring sosial

Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Ada banyak sekali contoh jejaring sosial dalam dunia teknologi. Misalnya yang sedang mendunia saat ini adalah Facebook, Twitter, Friendster, MySpace, Busuu dan masih banyak lagi.

  • E-commerce

E-commerce atau Electronic Commerce adalah suatu bentuk penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce ini dapat melibatkan transfer data elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Perusahaan yang terkenal di bidang ini antara lain eBay, Amazone.com, Paypal.

  • Blog

Blog atau weblog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet, sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Terdapat banyak jenis dari blog, antara lain blog pribadi, blog sastra, blog bertopik, blog pendidikan, blog kebersamaan, blog bisnis, dan masih banyak lagi. Ada banyak penyedia blog gratis, seperti blogspot, wordpress, multiply, dan masih banyak lagi.


Referensi:

Wikipedia

No comments: