20.7.10

Andaikan diberi tanggung jawab oleh Presiden

Kalau misalnya tiba-tiba Presiden menghampiri gue dan ngomong, “Kamu saya tunjuk untuk memperbaiki Sistem Informasi Nasional. Nih, dana awalnya 1 triliun. Kamu mulai kerja sekarang!” hmm...feeling gue sih yg pasti gue bengong dulu semenit, planga-plongo, garuk-garuk, terus menit berikutnya gue bakal ngabarin sodara dan sanak kerabat kalo barusan Presiden ke rumah gue dan ngasih gue proyek triliunan...hahaha! lalu setelah itu, gue syukuran, potong kambing, pesta sehari semalem, baru dah gue mikir ini Sistem Informasi Nasional mau diapain? :p

Hmm...sebelum gue bahas SIMNAS ini, gue mau tanya kelanjuan proyek internet masuk desa beberapa waktu lalu deh...itu gimana yah kabarnya?? Apakah anak-anak desa yang berlarian di iklan itu udah berhasil ngerasain internet yang sebenarnya? Akses informasi tanpa batas ruang dan waktu? Atau buat mereka internet itu hanyalah sebuah program komputer lelet dengan speed 10 kbps? Apa jangan-jangan internetnya harus pake di-engkol dulu? (jadi demi mengakses internet selama 5 menit mereka harus ‘ngengkol’ tuas selama sejam?)

Kalau pun gue dikasih dana awal 1 triliun, gue kayaknya males ngebenahin SIMNAS di Indonesia tercinta ini. Susahlah yaaa! Males banget! Ribet pasti..

Tapi ini kan andai yaa...sooo...well, maybe i’ll start dengan ngebenahin database di Indonesia ini. I mean, kita gak punya kan database digital buat segala dokumen2 resmi, surat2, apapunlah! Sekalian dirapihin gitu...kan suka banyak data yg dobel2 tuh, dirapihin sampeeee rapi nan kinclong, biar bisa dijilat :p

Lalu setelah database ini jadi (entah berapa tahun ini baru selesai, kayaknya gue udah keburu mati dan udah punya cicit :p ), gue mau bikin jaringan antar instansi pemerintah. Biar kalau proses apa2 tuh cepet gitu! Gak nunggu surat ini, surat itu, blablablablabla...ampe mejret, keburu tua yg punya urusan. Tapi kalau gue mau wujudin ini, i REALLY have to WORK HARD buat NGAJARIN IT ke para pegawai pemerintah! Serius deh...pegawai yang di JAKARTA aja belum tentu tau istilah googling itu apa, apalagi yg di daerah?? (dengan ‘internet engkol’ mereka?)

Probably sampai tahap ini gue yakin gue udah di penghujung umur gue yang ga seberapa ini. Lo tau betapa semuanya serba lelet di Indonesia :p

And finally setelah database jadi dan dikelola dengan teliti dan apik, jaringan inter-government jadi, dan semua pegawai pemerintah (menterinya juga deh sekalian! Lupa gue...) sudah melek IT, dan dana sudah habis nyaris 20 triliun (buset deh...bisa beli lidi buat berapa abad yah??), gue mau menjalankan program paling revolusioner dan bombastis di abad 21 ini, yaituuuu

Jeng jeng jeng jeng…. *nabuh genderang, niup terompet*

INTERNET BERSUBSIDI!!!

*menggelinjang bahagia*

Coba siapa yang gak pernah ngomel2 karena koneksi nan crappy dan mahal dari para provider di tanah air tercinta ini?? SIAPA YG GAK PERNAH?? Bo’ong banget sampe gak pernah...bukan orang Indonesia lo.. :p

Seperti yang kita tahu, koneksi internet crappy bisa membawa berbagai malapetaka. Yang lagi bisnis bisa tiba2 batal bikin deal (dan rugi sampe ubun-ubun), yang lagi sekolah kehambat bikin tugas (apalagi makin banyak tugas yg menuntut penggunaan internet, termasuk yg lagi gue kerjain ini), yang lagi buka bokep tertunda kesenangannya :p

Iya gue tau, udah banyak wi-fi jaman sekarang, di kampus2 juga. Tapi tolong diingat, seberapa crappy-nya itu sinyal wi-fi. Salah satu temen gue pernah menyarankan supaya gue niup2 laptop gue pas lagi hotspot-an biar dapet sinyal. Gue pertamanya ngakak denger ide goblok dia ini, tapi gue coba juga dan...iya aja loh, jalan aja gitu koneksinya! -__________-“

Kemudian dia bikin hipotesa bin jenius yang berbunyi: ‘Kalau mau hotspot-an cepet (kalau di tempat terbuka), pas waktunya yg lagi banyak angin! Jadi sinyalnya kebawanya cepet!’

...untung dia ga ngarep dapet nobel... :))

Sebenarnya inti internet bersubsidi ini sih supaya provider di Indonesia, terutama Telkom (kenapa? Karena dia yg paling terjangkau harganya buat rakyat indonesia. Yang lain sih, kecuali gaji ortu >25 juta sebulan mah, kemahalan euy!) mulai ngasi koneksi internet yg lebih bermutu dan menghentikan sumpah serapah dan mengurangi kerugian para pemilik warnet. AMIN.

Kan kalau satu Indonesia nyambung, enak tuh! :D

(dan sampai tahap ini kemungkinan either gue udah meninggal atau udah keburu dipecat karena ngabisin duit negara...hahaha! :p )

8 comments:

Popcorn Media said...

nah yang ini nih...
kata2 terakhir tuh... MANGURANGI KERUGIAN PARA PEMILIK WARNET...
setuju bgt gue.... udah koneksi lambat laun... sering timed out... bayarnya tetteeeepppp aja segitu...
emang mereka kira nyari duit kayak nyari debu apa *maksudnya???

Cloudy Tuesday said...

mgkn itu mksdnya mengurangi ya, bukan mangurangi.. hehe
nah makanya kan, kita udah bayar mahal2 tp gak dapet fasilitas yg sesuai..
yaah mudah2an aja sih bener2 ada yg merealisasikan sperti tulisan gue..

Your Daily Experience said...

sebenarnya di luar negeri, korea misalnya.. internet udah jadi makanan sehari hari. dari nenek nenek sampai bocah kecil, dari orang kaya sampai yang miskin sekalipun, mereka udah biasa mengakses internet.
bahkan internet disana sudah sangat sangat sangat murah, dengan kecepatan yang luar biasa..

jika internet di subsidikan, atau bahkan di gratiskan.. otomatis akan mengangkat indonesia menjadi negara yang lebih maju..

tapi sayang, kadang orang - orang kita tidak menghargai.
semakin di subsidi, masyarakat semakin melunjak..
belum lagi kecurangan2 yg bakal terjadi..
listrik di subsidi untuk orang miskin aja masih bisa 'dimainkan' oleh orang2 tertentu.
malah orang2 mampu yg menikmatinya..
hal yg sama juga pasti bakal terjadi dengan subsidi internet ini..

but we don't know if we don't try

Cloudy Tuesday said...

tetep yee contohnya korea.. haha

namanya jg manusia (indonesia lg :p), d kasi ati minta jantung..

kadang emg gak adil sih yaa.. yg gak mampu makin terpuruk, sedangkan yg udah mampu makin bergelimang harta..

yaah mudah2an aja roda nasib akan berputar dgn lbh adil..

aprima said...

hehehe.. baru baca uda ngakak" gw baca tulisan lo tir..
ehh iyaa, slain contoh'a korea td,, klo di prancis tiap beli laptop, ddlm laptop'a uda ada modem internet'a.. jd bsa ngenet dmn aja dan kapan aja.. lancar + gratis pula..
kira" klo gw bli leptop dsna.. bisa di pake dsni gak ya? :p
hehehee...

Cloudy Tuesday said...

bagus lah ngakak2, dr pd nangis.. haha

kalo beli d sana? hmmmm.. yaa coba aja lo beli d sana trus laptopnya kita coba bisa apa gak d pake d sini, kalo ternyata bisa, buat gue deh laptopnya.. hehhehe

emelioss said...

menurut gw sebenernya Indonesia udah bisa dibilang cukup maju dalam masalah teknologi,internet jg bukan barang istimewa lg tapi mungkin di kota - kota besar nya aja ya.
padahal justru di daerah yang terpencil itu lebih dibutuhkan teknologi buat majuin masyarakatnya..
jadi ya intinya gw setuju sih sama internet bersubsidi itu. semoga bisa terwujudkan dan akan lebih memajukan masyarakat indonesia

Cloudy Tuesday said...

emg uda cukup maju, tp tetep aja masi blm bner2 menyebar k seluruh penjuru.. halah