23.7.10

Perkiraan Perkembangan IT di masa depan

Kalau misalnya ditanya perkiraan perkembangan IT di masa depan? Mungkin saya cuma bisa bilang IT akan semakin pesat perkembangannya, bahkan jauh lebih maju dibandingkan perkembangan IT di masa sekarang ini..

Contohnya aja handphone (hp).. Saat ini siapa sih yang gak punya hp? Punya hp udah jadi hal yang biasa banget, karena hampir semua orang di dunia punya hp.. Kalau kita liat di jalan aja pasti banyak banget bocah sd yang megang hp.. Kenapa hampir semua orang punya hp? Yaa mungkin karena yang namanya hp tuh canggih banget.. 1 alat bisa buat ngapain aja.. Dari yang fungsi awalnya cuma bisa dipake buat nelpon dan SMS (Short Message Service), sekarang banyak banget fungsinya.. Mulai dari moto, ngenet, dengerin musik, muter video, dan masih banyak lagi fungsinya yang menyerupai komputer.. Itu baru diliat dari fungsinya aja, belom bentuk dan tampilannya.. Masalah harga? Udah banyak banget hp yang harganya terjangkau, makanya gak heran kalo di pinggir jalan ngeliat pedagang yang mainan hp.. Tapi yaa banyak juga hp yang harganya gak manusiawi menurut gue.. Mahalnya gak ketulungan.. :p

Ok, berikut ini beberapa video Microsoft Future Vision yang saya ambil dari YouTube

Microsoft Sustainability : Productivity, future vision



Microsoft's Future Vision : Healthcare



Microsoft's Future Vision : Manufacturing



Dari video2 di atas bisa kita liat bahwa teknologi benar2 akan menjadi sangat canggih sekali.. Semuanya menjadi serba touchscreen.. Kita hanya tinggal menyentuh dan menarik, semuanya selesai.. Melakukan sesuatu jadi mudah dan praktis.. Seperti yang ada dalam video Healthcare, kita hanya perlu memiliki 1 kartu yang multifungsi.. Beli obat gak perlu bantuan dari apoteker.. Dan dalam video Productivity, untuk membaca koran kita gak perlu lagi membolakbalik halaman mencari berita, karena kita hanya perlu menarik dan memilih berita yang kita inginkan pada touchscreen yang ada..

Itu baru perkiraan dari sudut pandang Microsoft saja, belum yang lain.. Gak kebayang dunia teknologi di masa mendatang akan secanggih apa..
Yaah walaupun teknologi akan selalu berkembang sedemikian rupa, hanya 1 yang saya harapkan, jangan sampai manusia diperbudak oleh teknologi yang ada..AMIN

7 comments:

Haifa said...

iyaa... teknologi itu bukan memperbudak tapi membantu kita untuk mempermudah mencapai dunia yg jangkauannya sangat luas menjadi sempit dan dapat kita capai.. buktinya dari teknologi internet aja kita dapat menjangkau atau berinteraksi ke luar negeri dari ruangan kamar kita, maupun bales2an twitter sama artis luar atau chat dg temen diluar negeri. hehe. jadi saya rasa teknologi internet ga memperbudak ah. malah ngebantu kita untuk menjangkau dunia yg dulunya ga mungkin kepikiran itu bakalan terjadi. hehe sambil menunggu apalagi yah teknologi yang mencengang berikutnya.. mungkin sih ada ilmuwan yg membuat teknologi yg dapat mentransisikan atau memindahkan dg alat tertentu (kayak pintu ajaib doraemon gitu) haha.. mengurangi macet kan.. :p <-- out of topic kayaknya. hehe

Gogo said...

setuju sama pendapat tulisan ini, kalo perkembangan IT pesat banget dan bakal lebih pesat lagi. IT juga merupakan elemen utama dari perubahan kehidupan. di satu sisi memberikan manfaat dan di lain sisi memberikan kerugian sehingga kata 'diperbudak', yang mencolok di atas, jadi menarik.

menurut saya sendiri, makin lama, makin ke sini, jelas manusia diperbudak sama yang namanya teknologi. apa lagi di Indonesia. kenapa saya bisa bilang gitu, karena teknologi telah menimbulkan masyarakat terbagi-bagi secara digital, istilahnya 'digital divide'. istilah ini nunjukin kalo orang yang punya IT lebih punya kesempatan lebih baik dari pada orang yang tidak punya IT. (jelaslah yaa)

nah akibatnya, orang-orang yang ga punya duit, semakin tersingkir sama orang-orang yang berduit. karena harga IT itu mahal dan selalu dibisniskan sementara pemerintah ngga pernah memberikan fasilitas IT pada orang-orang yang ga punya duit.
padahal IT itu memiliki fungsi untuk mempermudah hidup dan meningkatkan kualitas hidup manusia kan? tetapi kenapa IT selalu dinikmati orang yang berduit dan tidak menjadi upaya untuk meningkatkan kualitas hidup orang yang ga berduit?

orang-orang jadi menganggap IT lebih penting dari kebutuhan lainnya. misalnya aja sebagian orang lebih milih untuk beli handphone atau pulsa daripada untuk biaya sekolah atau bangun rumah. buktinya, siapa aja sekarang punya handphone termasuk pemulung yang pakaiannya jelek kotor, rumah gubuk, tapi punya handphone.

selain itu, kalo liat secara global. dengan adanya IT, Indonesia juga semakin ga bisa bersaing dengan negara-negara maju karena digital divide telah menjadikan Indonesia dengan teknologi masih rendah semakin tertinggal dengan negara-negara teknologi maju. transfer teknologi juga ga pernah terbukti karena orang-orang negara maju menjadikan IT sebagai bisnis.

di sini intinya saya berpendapat kalau IT sudah pasti memperbudak manusia karena IT dijadikan ajang bisnis tanpa penyeimbangan esensinya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

correct me if i wrong
:D

Your Daily Experience said...

EXACTLY!
as i told in my blog..

hati - hati dengan teknologi, jangan sampai keadaan berbalik, manusia di kontrol oleh robot. hiii...
that's horrible..

btw, like that video so much.. so amazing!

Anonymous said...

nice post,keep posting

Cloudy Tuesday said...

@gogo:
wah pendapatnya bagus bgt dan saya sangat2 setuju.. yaah memang kita selalu lebih mementingkan apa yg sbnernya tidak terlalu penting.. terlalu mengesampingkan byk hal yg sharusnya d utamakan..

tetapi kenapa IT selalu dinikmati orang yang berduit >>> sbnernya sih bukan hanya IT ya, org berduit bisa selalu menikmati segala hal.. dan kebanyakan org berduit selalu memikirkan kepentingan mereka pribadi *jd kayak curhat gue

dan emg smua yg menguntungkan slalu d bisniskan bagi, tp menguntungkan buat mreka2 aja..

Cloudy Tuesday said...

@YDE:
iya samaan ngmgnya.. *baru baca blog lo
tp iyalah bisa samaan, kan waktu itu kita omongin d mbl.. hahah

iya gue jg suka bgt sama videonya, makanya gue masukin.. kereen bgt..

Cloudy Tuesday said...

@haiva:
yaa emg sih teknologi skrg smakin membantu manusia, tp gue kan hanya mengharapkan hal itu gak terjadi d masa yg akan datang.. krn bisa aja kan smuanya berbalik? yaa tp jgn sampe terjadi

enak bgt tuh kalo akan ada pintu kmana aja.. gak bakal ada lagi macet, ngabisin uang buat ongkos.. hehe