2.8.10

GO DATA

Setiap manusia pasti terlahir dengan memiliki sifat peduli.. Baik peduli terhadap sesama manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan maupun terhadap benda mati seperti data misalnya.. Kenapa data misalnya? Yaa karena tugasnya disuruh bikin tentang kepedulian terhadap data.. :p

Balik lagi ke masalah awal, yaitu data.. Semua orang pasti mengetahui apa itu data.. Pengertian data menurut yang saya ambil dari Wikipedia adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. Dalam keilmuan (ilmiah), fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak langsung mengalaminya sendiri.

GO DATA adalah gerakan kepedulian terhadap data.. Gerakan ini berguna untuk menghimbau masyarakat agar selalu peduli terhadap adanya suatu data, terutama data pribadi.. Kepedulian terhadap suatu data bisa ditunjukkan dalam beberapa cara.. Misalnya saja dengan cara mengolah data, merawat data, dan menjaga data tersebut agar bisa selalu aman..

Data merupakan sesuatu yang sangat penting karena berisikan fakta-fakta yang ada.. Jadi suatu data harus bisa tersimpan dengan aman.. Aman di sini maksudnya adalah bagaimana caranya agar data (terutama data pribadi) tidak dapat diambil oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab dan menyalahgunakannya.. Lalu bagaimana caranya agar bisa selalu aman? Bila data tersebut berupa data elektronik (data-data berupa word, excel, dll), kita bisa menaruhnya di folder komputer yang tersembunyi atau mungkin bisa juga file data tersebut kita beri password, dan tentunya tak ada orang yang mengetahui password tersebut selain diri kita sendiri.. Dan bila datanya berupa data fisik (seperti surat), bisa diamankan dengan cara menaruhnya di tempat yang sangat aman dan rahasia, di brankas pribadi yang menggunakan kode misalnya..

Selain pengamanan dalam penyimpanan, data juga harus dapat diolah dengan sangat hati-hati.. Hal ini harus sangat diperhatikan, karena sedikit saja terjadi kesalahan maka isi dari data tersebut bisa menjadi berubah dan dapat sangat berpengaruh terhadap banyak orang..

Contoh kesalahan pendataan yang terjadi di Indonesia salah satunya adalah pada waktu pemilihan presiden yang lalu.. Banyak warga Indonesia yang protes karena namanya tidak tercantum dalam daftar pemilih untuk mengikuti pemilihan umum tersebut.. Dan merasa dirugikan karena suaranya tidak dapat digunakan untuk memilih pemimpin negara yang mereka anggap pantas untuk memimpin.. Kenapa hal itu bisa terjadi? Itu pasti dikarenakan adanya kelalaian dalam melakukan pengolahan data yang ada, atau mungkin terjadi kesalahan dalam melakukan sensus penduduk.. Yaah seperti saya bilang tadi, pengolahan data harus dilakukan dengan sangat hati-hati.. Tidak boleh ada kelalaian dalam melakukannya..

Inti dari tulisan saya ini adalah kita harus sangat peduli terhadap suatu data.. Karena data yang dijaga dan diolah dengan baik akan menghasilkan suatu informasi yang baik pula.. Dan saya harapkan bagi setiap individu untuk dapat membantu adanya gerakan kepedulian terhadap data ini mulai dari sekarang hingga seterusnya.. Agar tidak ada lagi penyalahgunaan data pribadi dan kesalahan pengolahan data di masa mendatang..

2 comments:

Stormtrooper said...

beeuuhh geelllaa kejar setoran nih udah mau selese aje :p

Cloudy Tuesday said...

hahaha