11.8.10

Kasus IT Menarik

Dalam dunia IT saat ini, banyak sekali kasus yang menarik.. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri.. Ada beberapa kasus IT yang menurut saya menarik untuk dibahas dalam pengerjaan tugas kommas ini..

  • Pembobolan Data Kartu Kredit

Menurut berita yang saya baca dari depkominfo.go.id kurang dari sebulan yang lalu Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus pembobolan ratusan data nasabah kartu kredit. Pengungkapan kasus itu berawal dari laporan nasabah salah satu bank swasta nasional yang mengadu telah menjadi korban pembobolan kartu kredit oleh orang yang tidak dikenal. Para korban mengatakan bahwa mereka tetap mendapatkan tagihan rekening dari bank tersebut padahal tidak melakukan transaksi menggunakan kartu kredit. Dari pengakuan korban tersebut, polisi lalu mencari petunjuk penyelidikan dan mencari identitas sang pelaku. Hingga akhirnya polisi berhasil menangkap sang pelaku. Atas perbuatannya, sang pelaku dijerat Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan juga UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman di atas empat tahun penjara.

  • Pembobolan Database Bank

Selain pembobolan data kartu kredit, Satuan Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya juga pernah melakukan penangkapan terhadap pelaku pembobolan database bank. Pelaku menerobos database, mencuri informasi password dan ID pengguna untuk mengambil uang korbannya. Database sebuah bank biasanya memiliki sistem keamanan berlapis yang sulit ditembus oleh orang biasa dana hanya orang berketerampilan khusus yang mampu menerobosnya. Pasal yang digunakan untuk menjerat tersangka adalah Pasal 363 KUHP, UU No 23 Tahun 2003 tentang Pencucian Uang, dan UU Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kasus-kasus yang saya tuliskan di atas adalah dua dari sekian banyak kasus kejahatan dalam dunia IT.. Para pelaku melakukan kejahatan tersebut hanya dari sekedar iseng hingga akhirnya ketagihan dan ingin mengulanginya lagi, karena mereka mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.. Yaah walopun tidak sedikit juga yang harus mendekam dalam penjara akibat perbuatannya itu.. Banyak juga yang melakukannya karena memang memiliki kejeniusan berlebih yang tidak digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat bagi kepentingan orang banyak.. Seandainya saja semua orang jenius menggunakan kejeniusannya untuk kepedulian seperti kasus di bawah ini..

  • One Laptop per Child

Sebagian besar (hampir dua milyar) anak di negara-negara berkembang tidak mendapatkan pendidikan yang layak, atau bahkan tidak mendapatkan pendidikan sama sekali. One Laptop per Child atau yang biasa disingkat dengan OLPC adalah suatu misi yang bertujuan untuk memberdayakan anak-anak dari negara-negara berkembang untuk belajar dengan cara menyediakan satu laptop terhubung ke setiap anak-anak usia sekolah (6-12 tahun). OLPC ini ingin membantu pendidikan bagi anak-anak di dunia prioritas, bukan hak istimewa. OLPC ini didirikan oleh Nicholas Negroponte yang merupakan Professor dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). OLPC bukanlah proyek laptop, tapi merupakan suatu proyek pendidikan. Jika setiap anak di dunia memiliki akses ke komputer, potensial apa saja yang bisa dibuka? Masalah apa saja yang dapat terselesaikan? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang akhirnya menjadi dasar berdirinya OLPC dan penciptaan dari laptop XO. Misi lain dari OLPC adalah menyediakan sarana belajar, self-expression, dan eksplorasi ke hampir dua milyar anak di dunia berkembang dengan sedikit atau tanpa akses untuk pendidikan. Sementara secara alami, anak-anak pasti menginginkan pengetahuan untuk diri mereka. Dengan memberikan XO Laptop pribadi yang terhubung untuk anak-anak, OLPC memberikan mereka jendela untuk melihat dunia luar, akses ke sejumlah informasi besar, cara untuk berhubungan dengan satu sama lain, dan batu loncatan untuk masa depan mereka. Dan OLPC juga membantu negara-negara berkembang tersebut dalam pengembangan sumber daya pendidikan. OLPC ini memiliki 5 prinsip, seperti yang bisa dilihat dalam video yang saya ambil dari YouTube berikut ini..



Dan berikut ini adalah video yang menjelaskan pertanyaan “Mengapa memberikan laptop kepada seorang anak yang mungkin tidak memiliki listrik atau bahkan air yang mengalir?”..





10 comments:

aprima said...

aku mau laptop.. ak kan msh kecil.. dan mau yg gratis.. heheheehee:p

Cloudy Tuesday said...

minta aja sama si nicholas, jgn sama aku mintanya.. :p

aprima said...

nicholas saputra?? ntr ak nitip ke dian sastro aja dhe pas lg syuting iklan loreal brg lg.. hehehe:p

Cloudy Tuesday said...

kalo bisa minta sama nicholas saputra, uda nitip k si cumi dr kpn tauk.. hahah

Anonymous said...

kayaknya itu orang2 yang jenius itu jangan dipenjara deh,mending diberdayakan..lumayan,,membantu negara...hahahaha *kidding
dengan olpc emang pasti bisa terselesaikan masalahnya?? belum tentu deh kayaknya menurut gw....kan banyak juga sisi negatifnya selain sisi positifnya

Cloudy Tuesday said...

hahaha bner juga tuh, mending d manfaatin sama negara yee..
yg olpc emg sisi negatifnya apa aja?

Anonymous said...

ya..jadi pada ketagihan laptop dong ya..kasian sekali..mendingan dikasih buku aja....lagian seain itu ntar mereka jadi suka browsing kan??kalo gak ada yang ngarahin akan berakhir negatif bukan?? tapi tergantung anak2nya juga sih..hahaha

Cloudy Tuesday said...

kalo d kasihnya buku gak IT bgt dong.. :p
itu kalo gak salah inget sih ada yg ngedampingin, jd yaa gak akan negatif lah mudah2an.. hehe

Anonymous said...

oh iya ya.it..hahaha.lupa gw.....
yaudah deh..bagus2 berarti...wakakaka

*udah banyak belom nih komennya??hehe

Cloudy Tuesday said...

hahaha ngasal abis komennya..

blom, blom byk..
*yg ada malah ngobrol d sini.. :p