23.8.10

Peduli dan Pemanfaatan Data Dalam Pengelolaan Negara

Masalah peduli dan pemanfaatan data sebenarnya sudah pernah saya bahas dalam postingan saya yang berjudul GO DATA, tetapi karena ada tugas tambahan *yang sebenarnya sudah saya kerjakan pula dalam UAS* jadi saya akan mencoba memaparkannya lagi dalam postingan kali ini..

  • Data belum dimanfaatkan maksimalkan dalam pengelolaan negara

Data yang dimiliki oleh negara Indonesia terbilang amat sangat banyak.. Tetapi sangat disayangkan bahwa semua data yang ada belum atau bahkan tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah dalam pengelolaan negara.. Hal ini disebabkan karena kurangnya rasa kepedulian terhadap data-data yang ada.. Sangat banyak data yang terbengkalai, padahal mungkin saja data-data tersebut sebenarnya sangat dibutuhkan demi perkembangan negara ini, yang tentunya akan berdampak positif bagi kelangsungan hidup rakyat Indonesia.. Bisa dipastikan sudah sangat banyak anggaran yang dikeluarkan untuk pengolahan data-data tersebut, tetapi tidak semua data dimanfaatkan dengan baik.. Yaahh memang sukanya membuang-buang anggaran saja.. Dan lagi-lagi selalu rakyat yang dirugikan..

  • Data-data kependudukan, sumber daya, potensi, perekonomian, dsb belum diorganisasikan secara rapi

Selain belum dimanfaatkan secara maksimal, berbagai jenis data yang ada di negara kita juga belum diorganisasikan secara rapi.. Misalnya saja data-data kependudukan, sumber daya, potensi, perekonomina dan masih banyak lagi.. Lagi-lagi masalah ini dikarenakan kurangnya SDM yang berkompeten.. Memang sudah sangat seharusnya pemerintah sering mengadakan pelatihan bagi para SDM yang ada.. Daripada anggaran yang ada dikeluarkan untuk hal yang tidak penting atau bahkan masuk ke dalam kantong pribadi, sangat lebih baik jika digunakan untuk hal yang jauh lebih bermanfaat, yaa seperti mengadakan pelatihan tersebut misalnya.. Menurut saya, memang sangat dibutuhkan campur tangan langsung dari pihak pemerintah.. Campur tangan yang saya maksudkan di sini adalah benar-benar mengawasi dan mengorganisir.. Jangan hanya dalam masalah anggaran saja baru ikut campur tangan.. Sebisa mungkin minimalisasikanlah penggunaan anggaran yang ada..

Sudah seharusnya segala data yang ada mengenai negara Indonesia tersimpan dan terolah dengan baik.. Data adalah sesuatu yang sangat penting untuk perkembangan negara kita.. Dengan adanya data yang akurat dan valid tersebut, pihak pemerintah bisa mempelajari hal yang kurang dalam mengelola negara.. Bisa melihat juga hal apa yang selama ini membuat negara kita terus terpuruk dan tidak pernah lepas dari keterpurukan itu.. Dengan terlaksananya dua hal di atas, saya sangat berharap bahwa negara kita bisa terlepas dari segala keterpurukan yang dialami selama ini, bisa semakin maju dan bahkan bisa menggungguli negara maju yang lain.. Karena saya sangat yakin, dengan terolah dan terorganisirnya data-data yang ada tersebut dengan sangat baik, akan membawa banyak dampak positif bagi negara kita..


Sumber >>> otak yang teramat sangat BUNTU karena NUGAS mulu!

2 comments:

Your Daily Experience said...

makanya jangan banyak makan biji cabe,, jadi buntu kan tuh..

Cloudy Tuesday said...

usus buntu kalo ituu mbak