15.6.11

Identifikasi Kompleksitas Dunia IT

Dunia IT dan Internet merupakan dunia yg tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Karena dengan semakin bertambahnya tahun, semakin meningkatnya kebutuhan manusia, maka akan semakin berkembang pula suatu teknologi yg membuat manusia menjadi ketergantungan akan teknologi tersebut. Dari dunia IT dan Internet tersebut dapat tercipta banyaknya peluang, manfaat dan tentu saja tidak terlepas dari berbagai masalah yg kompleks.

Saat ini berbagai bidang telah sangat ketergantungan dengan dunia IT dan Internet. Misalnya saja bidang pendidikan, yg pada kenyataannya tidak dapat dilepaskan dari IT dan Internet. Adanya IT dan Internet sangatlah bermanfaat dalam bidang pendidikan tesebut. Dengan adanya Internet, informasi yang tadinya susah untuk didapatkan menjadi sangat mudah untuk didapatkan. Jika kita melihat ke beberapa waktu yg lalu, perpustakaan mungkin menjadi sumber dari segala macam pengetahuan yg gemar dikunjungi oleh orang yg ingin mengetahui sesuatu. Tapi menurut saya, pergi ke perpustakaan itu membutuhkan biaya dan juga waktu. Ditambah lagi dengan belum terlalu banyaknya perpustakaan yg bisa dibilang memadai untuk memenuhi keingintahuan kita yg semakin bertambah. Adanya Internet sangat memungkinkan kita untuk mengakses perpustakaan online yg ada. Baik di dalam negeri maupun luar negeri yg mungkin jauh lebih lengkap isinya. Apalagi saat ini Internet terbilang sangat mudah untuk diakses. tidak hanya dari perangkat komputer, tetapi juga dapat digunakan dari handphone yg telah dilengkapi dengan fasilitas tersebut.

Pertukaran informasi juga sangat dibutuhkan dalam bidang pendidikan dan penelitian agar penelitian tidak terulang. Hasil – hasil penelitian pada perguruan tinggi dan berbagai lembaga penelitian dapat digunakan untuk mempercepat proses pengembangan ilmu dan teknologi. Pertukaran informasi ini dapat menjadi lebih mudah juga berkat adanya Internet.

Manfaat – manfaat di atas hanyalah sedikit dari sekian banyaknya manfaat yg tidak dapat dijelaskan satu persatu. Selain manfaat tersebut, terdapat juga berbagai masalah yg kompleks atau rumit. Salah satunya adalah cyber crime yg semakin banyak dan semakin sulit untuk dilacak para pelakunya. Dengan semakin banyak dan mudahnya seseorang mendapatkan informasi, tidak kecil kemungkinan orang menggunakan kepintaran dan kecerdasan mereka dalam hal yg negatif.

No comments: